Numpang Ngetrend

Teman

Hama padi dan musuhnya

Diposting oleh saka hero Rabu, 09 Februari 2011

Kalau kita main kesawah pasti kita akan menemukan beberapa spesies hewan yang hidup dan mencari makan disana. Ada yang merugikan petani namun ada juga binatang yang dianggap menguntungkan. Kenapa menguntungkan ? biasanya binatang yang menguntungkan petani dapat dimanfaatkan sebagai penangkal hama padi secara alami.

Tikus Sawah



Tikus jenis ini mudah sekali dijumpai dipersawahan. Mereka biasanya bersarang dilubang-lubang persawahan atau semak-semak. Hama seperti ini sebenarnya memiliki pengendali alami atau yang disebut dengan predator.

Predator alami tikus sawah

Ular sawah


Dalam kenyataannya, ular justru kini semakin punah akibat aneka penangkapan, pembunuhan yang tidak berdasar, serta kerusakan habitat dan lingkungan hidupnya. Ular-ular yang dulu turut serta berperan dalam mengontrol populasi tikus di sawah dan kebun, kini umumnya telah habis atau menyusut jumlahnya. Maka tidak heran, di tempat-tempat yang sawah dan padinya rusak dilanda gerombolan tikus, seperti di beberapa tempat di Indonesia. Bahkan para petani kini mulai sadar dan memerlukan untuk melepaskan ular-ular sawah dan melarang pemburuan ular di desa.


Burung hantu



Burung hantu dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan, tidak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, tampilan "wajah" burung hantu ini demikian mengesankan dan kadang-kadang menyeramkan. Apalagi leher burung ini demikian lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180 derajat ke belakang. Burung hantu berburu aneka binatang seperti serangga, kodok, tikus, dan lain-lain.

Namun sama halnya nasibnya dengan ular, populasi burung hantu makin berkurang lantaran perburuan dan minat masyarakat untuk memelihara jenis burung predator ini.


Dari tikus tanah dan predator alaminya sekarang kita lihat jenis hewan yang lain.

Hama Putih



Bergelantungan pada daun pada dan menyebabkan daun keputih-putihan. Sebenarnya serangan hama ini tidak begitu mengancam panen jika kerusakan masih dibawah 25%. Artinya dalam setiap pohon padi kerusakan kurang dari 10 helai daun. Hama ini bersifat aquatil (bergantung pada air dan udara untuk bernafas). Hama ini menyerang tanaman padi pada usia muda.

Pengontrol alami hama putih

Kepik



Beberapa orang menganggap kepik adalah hama, beberapa sumber juga mengatakan demikian. Kepik hitam disinyalir dapat mengakibatkan gagal panen dalam jumlah besar, namun kepik juga dapat meminimalisir hama putih. Kepik memakan telur-telur dari hama putih dan serangga hama padi lainya.

Maap cuman bisa ngasih dua dulu, ane tau pasti pada bosen baca artikel yang kepanjangan. Jadi cerita berikutnya saya draft dulu :D

7 komentar

  1. kayaknya akibat perburuan, keseimbangan ekosistem sawah sudah bubrah ya Sob, maka tikus dan hama lain makin menyerang padi dan ujung-ujungnya insektisida yang berbicara

     
  2. joe Says:
  3. masih ada yang terlewat yaitu burung-burung, keong emas dan belalang

     
  4. marfinsyah Says:
  5. Terima kasih atas ilmu yang sobat share, ini bermanfa'at bagi saya, karena saya anak petani. Salam kenal.

     
  6. Mimi Taria Says:
  7. saya juga sering nemuin binatang2 kaya gitu disawah,,,karena saya juga anaknya seorang petani,,,,

     
  8. chikarei Says:
  9. hama putih itu ulat ya
    geli liatnya

     
  10. tikus tuh memang paling jahat ya.

     
  11. Anonim Says:
  12. Kalau ada yang tahu bagaimana menghadapi hama tikus rumah, aku mau bantuannya. Segala macam alat perangkap sudah aku coba, racun juga sudah aku coba, tidak berhasil juga. Kucing yang dulu mau mengejar tikus, sekarang justru takut dengan tikus. Precis dengan cerita mickey-mouse

     

Posting Komentar