Numpang Ngetrend

Teman

Flu di musim hujan

Diposting oleh saka hero Minggu, 26 September 2010

Musim hujan sangat identik dengan penyakit yang namanya flu, kalau sudah kena flu ampun deh mau ngapa-ngapain rasanya tidak nyaman. Kepala pusing, hidung meler, pengenya di kamar tidur. Sebenarnya apa sih itu flu dan bagaimana kok bisa ya kita terserang flu.

wikipedia.org

Influensa, biasanya dikenali sebagai flu di masyarakat, adalah penyakit menular burung dan mamalia yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influensa). Penyakit ini ditularkan dengan medium udara melalui bersin dari si penderita. Pada manusia, gejala umum yang terjadi adalah demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan, batuk, lesu serta rasa tidak enak badan. Dalam kasus yang lebih buruk, influensa juga dapat menyebabkan terjadinya pneumonia, yang dapat mengakibatkan kematian terutama pada anak-anak dan orang berusia lanjut.

Lantas bagaimana mencegah penyakit flu ini.

1. Sebagian besar virus influensa disebarkan melalui kontak langsung. Seseorang yang menutup bersin dengan tangan akan menyebarkan virus ke orang lain. Virus ini dapat hidup selama berjam-jam dan oleh karena itu cucilah tangan sesering mungkin dengan sabun
2. Minumlah yang banyak karena air berfungsi untuk membersihkan racun
3. Hiruplah udara segar secara teratur terutama ketika dalam cuaca sejuk
4. Cobalah bersantai agar anda dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh karena dengan bersantai dapat membantu sistem kekebalan tubuh merespon terhadap virus influensa
5. Kaum lanjut usia atau mereka yang mengidap penyakit kronis dianjurkan diimunisasi. Namun perlu adanya alternatif lain dalam mengembangkan imunitas dalam tubuh sendiri, melalui makanan yang bergizi dan menjahui potensi-potensi yang menyebabkan influensa
6. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumi 200 ml yoghurt rendah lemak per hari mampu mencegah 25% peluang terkena influensa dikarenakan yoghurt mengandung banyak laktobasilus

Tapi meskipun sudah melakukan 6 hal diatas jangan lupa berdoa agar selalu diberi kesehatan. Jadi tidak perlu mengkonsumsi yogurt setiap hari ya hahah,, sehat itu memang mahal harganya.

Reff : Wikipedia (influenza)

6 komentar

  1. wah, saya juga kena kemarin :)

     
  2. Ferdinand Says:
  3. Hahhaa.. bener tuh Sob... aku juga abiz kena Flu tuh karna kebanyakan hujan2an klo pulang hhe.... pokoknya gak nikmat lah hhe...thnx buat tipsnya Sob.. btw, lagi flu ya?

    Semangat n Happy bloggig Sob...

     
  4. Itik Bali Says:
  5. Bagus juga tipsnya..
    apalagi aku sedang flu..

     
  6. Skydrugz Says:
  7. thnaks :D

     
  8. musti banyak2 makan buah / minum vitamin biar ndak sampe kena flu >,<

     
  9. om rame Says:
  10. sebaiknya bagi yang sedang sakit fLu, kiranya Lebih menjaga diri agar virusnya tidak menyebar kepada orang2 disekeLiLingnya.

     

Posting Komentar