Numpang Ngetrend

Teman

Susah untuk mengenal lebih dekat budaya jawa

Diposting oleh saka hero Senin, 12 Juli 2010


Jauh menjalani pendidikan dari waktu ke waktu tidak pernah membuat saya dekat dengan kebudayaan saya sendiri, khususnya budaya jawa. Saya terlahir di tanah Jawa yang terkenal dengan kekayaan kebudayaan dan kelestarianya tempo dulu. Segala bentuk ilmu kehidupan yang saya jalani setiap hari ini tidak pernah menyentuh tentang apa yang disebut sebagai kebudayaan dan tata krama Jawa. Adapun saat untuk mempelajarinya dulu kala ketika masih duduk dibangku sekolahan hanya saya manfaatkan sebagai pelepas rasa kantuk.
 
Mungkin ini sudah saatnya bagi saya untuk melantunkan cerita dibalik benak saya tentang sesungguhnya arti hidup di tanah Jawa. Membuat semuanya begitu mudah dan tidak pernah ada rasa terbebani diantara puing-puing masalah yang terjadi didalam kehidupan saat ini sangatlah sulit. Bahkan untuk mengenal jati diri kita sendiri saja masih butuh waktu dan upaya.

Kenapa selama ini saya susah payah mempelajari sesuatu diluar kendali dari budaya saya. Yang hanya akan membuat orang bertanya "Kenapa dia lain dari kita? dia adalah orang asing yang hidup diantara kita. Dibesarkan di tanah kita namun tak pernah menyentuh jarinya. Dia selalu sibuk memperhatikan orang asing dan mempelajari lalu melakukan apa-apa yang dipelajarinya setelah itu". Malu aku mendengarnya, tak aku sangka begitu susahnya menjelaskan kepada beliau-beliau kenapa aku disini.

Kami adalah rakyat terbuka
Menerima orang asing dengan sangat terbuka, ramah, tepo seliro (mengedepankan harmoni, keserasian, kerukunan, dan rahmat). Kami dapat menerima perbedaan apapun bentuk dan dasar yang telah terbentuk didalamnya. Rasa pengerten akan sesama manusia sudah diajarkan oleh orang tua kami sejak kecil, agar dapat mengasihi sesama.

Walau susah untuk mengenal dan belajar akan budaya saya sendiri namun bukan alasan untuk meninggalkan dan menggantikannya dengan dunia modern.



14 komentar

  1. riFFrizz Says:
  2. saya biasanya menjadi hafal huruf jawa pas waktu ulangan bahasa jawa, setelah itu kok lupa lagi ya, hehe

     
  3. Reza Says:
  4. satu baris saja yang aq hafal gan,,, hahaha

     
  5. admin Says:
  6. tulisan hanacaraka perlu dipelajari oleh generasi skrg
    agar tidak hilang tertelan jaman
    walau aku bukan org jawa, aku pernah diajarkan
    cuma ingatnya :
    dagadu = matamu

     
  7. Danil Edan Says:
  8. mumet abiz da kalo liat tulisan gini kwkwkwkwkkkw

     
  9. asia Says:
  10. met sore mas saka
    salam kenal dari anak baru
    mohon kritik dan sarannya

     
  11. padli Says:
  12. sed tulisan jawa..mboten ngertos,,tapi ok sharingnya..jgn sampe punah ini tulisan jawa..

     
  13. Ferdinand Says:
  14. Biarpun aku yo Wong njawi tapi klo bahasa yang kaya gtu aku ga bisa soalnya dari kecil wes di Jakarta Sob....hhe...

    Pesenan Script baca yang lain udah diposting SOb... silahkan dicoba......

    Semangat n happy blogging!!

     
  15. Ferdinand Says:
  16. Wah udah bisa toh Sob... bagus deh klo gtu... iya sama2 Sob.... kan itu gunanya Blog buat di share hhe..... Semangat N Happy blogging Sob... aku pamit mau makan siank dulu nie.. keburu Jam istirahat abiz hhe...

     
  17. Ferdinand Says:
  18. Wah udah bisa toh Sob... bagus deh klo gtu... iya sama2 Sob.... kan itu gunanya Blog buat di share hhe..... Semangat N Happy blogging Sob... aku pamit mau makan siank dulu nie.. keburu Jam istirahat abiz hhe...

     
  19. siroel Says:
  20. asli, saya cuma dapet di SD aja,itupun cuma sekali saja...

    betul sob, tidak boleh dilupakan budaya kita...

     
  21. Tukar link Says:
  22. Brow... Anchor teknya apa nech brow....
    saya selalu terbuka untuk berbagi
    makasih yach.... salam hangat selalu....

     
  23. om rame Says:
  24. saya hanya hafaL hanacaraka tapi artinya enggak tau, makLum hanya keturunan jawa saja tapi terLahir di JKT. kampung orangtua pun sekarang sudah tidak ada.

     
  25. attayaya Says:
  26. semua kebudayaan yang positif patut dipertahankan dan dikembangkan

     
  27. elok langita Says:
  28. Elok engga begitu ngerti sama bahasa jawa apalagi adatnya, elok cuma numpang lahir di jawa.. :D

     

Posting Komentar