Numpang Ngetrend

Teman

Belasan Ribu Ton Ikan Mati Akibat Potasium

Diposting oleh saka hero Rabu, 04 Agustus 2010

Belasan ton ikan mas dan ikan nila milik pengusaha kolam air deras di Kota Lubuklinggau dan sebagian di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra selatan, mati mendadak.

Iustrasi, sumber ; google

"Ikan budi daya itu mati diduga karena terkena racun potasium, ini terlihat sebagian mata ikan pecah. Untuk mengurangi kerguian terpaksa ikan dipanen dan dijual dengan harga murah," kata Darus (35), pemilik kolam air deras di Kelurahan Karang Ketuan, Kota Lubuklinggau, Rabu (4/8/2010).

Akibat kejadian itu harga ikan konsumsi itu mencapai Rp 15.000 / kg ke untuk ke tingkat pedagang. Menurut para pemilik kolam, kejadian ini merupakan yang kesekian kali, racun itu diduga berasal dari air irigasi yang mengairi usaha mereka yang berusumber dari bendungan Watervang Lubuklinggau dan mengalir ke desa-desa di Kecamatan Muara Beliti dan Tugumulyo, Musi Rawas.

Menurut petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Lubuklinggau Rusmiati dari data sementara yang mereka terima jumlah ikan yang mati mencapai 15 ton terdiri atas jenis ikan mas dan nila.

Ikan yang mati tersebut diperkirakan akibat racun, namun sejauh ini jenis racun masih diteliti di laboratorium. Ikan mati dengan mata pecah diduga terkena racun itu yang bisa mematikan ikan dalam jumlah banyak dalam tempo 1,5 jam.

"Kejadian seperti ini juga pernah menimpa kolam milik pengusaha di Kelurahan Eka Marga, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II pada awal Juni 2010, sehingga mengalami kerugian hampir Rp 2 miliar," katanya.

Sungguh ironis sekali apakah ada unsur kesengajaan atau sabotase ? lalu apa motif dibalik kesengajaan itu ? benar-benar terlalu
Sumber : Kompas.com

14 komentar

  1. Fajar Says:
  2. wah ternyata sistem potas masih ada tho....

     
  3. Camajuyas Says:
  4. kasian banget itu ikan...om....

     
  5. Ferdinand Says:
  6. Wah ini mah namanya pencemaran lingkungan....heran sama nelayan2 skarang pada suka2 bgt pake cara merusak....emank hasil yg mereka tangkap ga mereka makan juga apa>>>

    semangat n happy blogging Sob...

     
  7. ariefborneo Says:
  8. Cara memphotas ikan adalah cra penangkapan nelayan yg tidak terpuji...

     
  9. Reza Saputra Says:
  10. apakah zat tersebut tidak berbahaya bagi tubuh konsumen ya...

     
  11. Sayang banget, bener2 mencemari lingkungan.. :(

     
  12. di sumatra selatan? lalu bagaimana dengan masyarakatnya? konsumsinya terganggu ga?

     
  13. penghuni60 Says:
  14. wah, edan nih...
    siapa tuh yg sabotase...?
    kalo kena lngsung diracun aja sob...

    (sungguh TERLALU..)

     
  15. attayaya Says:
  16. mungkin ada perseteruan bisnis barangkali
    semoga masalahnya bisa terselesaikan dengan cepat

     
  17. Inuel Nyun's Says:
  18. aku ga suka ikand, kalo udah mateng mau, hahhaa. berita, ndi curhatmu, :)), DENDAMMMMMMMMMMMMMMM =))

     
  19. chikarei Says:
  20. serem euyy :p

     
  21. Skydrugz Says:
  22. kejamnya dunia...

    :(

     
  23. duh kenapa sih pada merusak ajah...ck ck..ck..kasian khan tuh ikan pada mati...emang kalau mati bisa dimakan yah?...

     
  24. ZerO Says:
  25. Pelaku pencemarannya udah ke tangkep blom...
    Tega bgt tuh orang..

     

Posting Komentar