Numpang Ngetrend

Teman

Dampak Pemadaman Listrik Tiba-tiba

Diposting oleh saka hero Sabtu, 26 Desember 2009

Sempat dua kali dalam jangka waktu satu minggu tempat saya mendapat pemadaman tiba-tiba entah ada gardu yang rusak atau perbaikan sementara dari PLN namun sempat membuat panik pengunjung warnet dan warga sekitar. Pasalnya beberapa hari sebelum kejadian itu listrik sempat padam selama 2 jam lebih karena hujan lebat. Pemadaman yang menyebabkan aliran listrik mati secara tiba-tiba dimana barang elektronik masih aktif atau menyala dapat menimbulkan dampak negatif. Diantaranya yang paling sering adalah konslet, contoh kasus tadi sebelum pemadaman komputer / TV bisa menyala dengan normal tetapi setelah listrik padam barang itu menjadi tidak bisa menyala.

Namun dampak itu bisa kita cegah dengan cara memutuskan koneksi yang menghubungkan TV / barang elektronik lainnya dengan sumber arus seperti mencabut Jek atau sejenisnya. Karena pada saat listrik kembali menyala keadaan barang sudah tidak tersambung dengan aliran listrik, jadi barang akan tetap aman saat listrik menyala. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa listrik mati tiba-tiba juga dapat menyebabkan usia barang elektrik pendek atau cepat rusak. Namun bukan hanya pemadaman dari PLN saja yang harus di waspadai, beban yang berlebihan juga dapat menyebabkan listrik mati secara tiba-tiba alias Njeglek, tidak bayar iuran juga lebih parah, nyolong aliran listrik lebih parah lagi.

Untuk mengurangi dampak adanya pemadaman perlu kita kembangkan sikap hemat energi, dan menjaga infrastruktur milik negara khususnya PLN. Contohnya jika ada tiang atau gardu listrik yang konslet, atau tersambar petir kita harus segara melapor kepada petugas terkait. Jangan diam saja, juga jangan turun tangan sendiri nanti kesetrum. hehe...

0 komentar

Posting Komentar