Numpang Ngetrend

Teman

Sayuran yang mengandung vitamin A

Diposkan oleh saka hero Jumat, 02 Juli 2010

Vitamin A, yang juga dikenal dengan nama retinol, merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukkan indra penglihatan yang baik, terutama di malam hari, dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Vitamin ini bersifat mudah rusak oleh paparan panas, cahaya matahari, dan udara. Oleh karena itu disarankan jika memasak sayuran yang bervitamin A jangan lama-lama agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

Apabila terjadi defisiensi atau kekurangan vitamin A, penderita akan mengalami rabun senja dan katarak. Selain itu, penderita defisiensi vitamin A ini juga dapat mengalami infeksi saluran pernafasan, menurunnya daya tahan tubuh, dan kondisi kulit yang kurang sehat. Kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, dan pingsan. Selain itu, bila sudah dalam kondisi akut, kelebihan vitamin A di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerabunan, terhambatnya pertumbuhan tubuh, pembengkakan hati, dan iritasi kulit.

Sebenarnya mudah sekali untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin A. Dengan harga ribuan rupiah saja kita bisa mendapatkan suplai vitamin A. Sayuran dengan harga 2.000 - 3.000 rupiah per kilonya yang tersedia dipasar seperti cabai merah, wortel, pisang, dan pepaya adalah jenis sayuran yang kaya akan vitamin A.

Manfaat Cabai Merah

Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar. Tanaman cabe cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang serta tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5 - 6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret - April). Untuk memperoleh harga cabe yang tinggi, bisa juga dilakukan pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang ditanam dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit . Buah cabe yang telah diseleksi untuk bibit dijemur hingga kering. Kalau panasnya cukup dalam lima hari telah kering kemudian baru diambil bijinya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabe (300-500 gr biji).


Manfaat Wortel

Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

Manfaat Pisang

Sumber Tenaga
Pisang dapat dicerna dengan mudah. Gula yang terdapat di dalam buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secra cepat. Dan, itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

Untuk Ibu Hamil
Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan sebab dalam satu buah pisang saja sudah mengandung sekitar 85 – 100 kalori.

Penderita Anemia
Dua pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup karena mengandung Fe (zat besi) tinggi. 4. Penyakit usus dan perut. Pisang yang dicampur sus cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair ) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan maag untuk menetralkan keasaman lambung.

Baik bagi Penderita Lever
Dua buah pisang ditambah satu sendok madu dikonsumsi penderita penyakit lever. Ini akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

Luka Bakar
Daun pisang digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang di tambah minyak kelapa mempunya pengaruh mendinginkan kulit.

Manfaat Bagi Diabetes
Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yang belum matang yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda, merupakan makanan tambahan bagi orang yang menderita penyakit gula.

Kecantikan Wajah
Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari

Mengatur Bobot Badan
Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti, seseorang dapat kehilangan berat badan dengan berdiet 4 buah pisan dan 4 gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.
(Sumber: Tabloid C&R 9 Nov. 06)

Manfaat Pepaya


1. Buah pepaya mengandung enzim, vitamin dan mineral. Mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin E.

2. Buah pepaya mengandung enzim Papain yang berfungsi mempercepat proses pencernaan protein.

3. Daya cerna yang diberikan enzim Papain bisa mencerna 35 kali lipat sehingga membuat makanan yang mengandung protein bisa diambil manfaatnya dengan baik.

4. Enzim mencerna baik protein menjadi arginin. Senyawa arginin adalah asam amino esensial yang didapat dari telur dan ragi yang tidak biasa diproduksi oleh tubuh dalam keadaan normal. Dengan enzim Papain maka senyawa arginin yang membantu produksi hormon pertumbuhan dapat diproduksi dengan baik.

5. Papain dalam pepaya sangat baik guna mencerna protein yang bersifat membuang subtansi-subtansi yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akibat pencernaan yang tidak sempurna.

6. Buah Pepaya berfungsi membantu mengeluarkan racun, membantu mengatur pendapatan asam amino dalam tubuh, sehingga menambah kekebalan tubuh.

7. Selain baik memecah asam amino, pepaya juga mampu mengurai karbohidrat dan lemak. Itu sebabnya pepaya dipakai dalam pemasakan daging, karena pepaya mampu mencerna serat-serat daging.

8. Dengan kandungan antiseptik pada pepaya, mampu menjaga alat pencernaan kita terutama usus dari bakteri. Kadar pH mampu diseimbangkan sehingga flora usus normal.

9. Seluruh bagian dari buah pepaya benar-benar memiliki fungsi baik. Biji yang sering dilupakan justru mampu membantu orang-oranag yang sedang terganggu pencernaannya.

10. Papaya sebagai alat kontrasepsi. Karena pepaya yang masih setengah matang, mentah dan mengkal bisa menggugurkan kandungan pada ibu hamil. Dari efek inilah pepaya mentah diolah menjadi alat kontrasepsi. Untuk ibu hamil sebaiknya menghindari sementara mengkonsumsi pepaya.
(sumber shvoong)

13 komentar

  1. attayaya Says:
  2. waaaah pepaya muda bisa menggugurkan kandungan ya?
    baru tahu aku

    ayo mari konsumsi sayuran dan buahan
    agar selalu sehat ketika berinternet ria

     
  3. Nice Post... Salam Kenal

     
  4. wah banyak ya manfaat sayuran ^^

     
  5. langit Says:
  6. baru tau manfaatnya hehee. dari dulu cuma taunya kalau mereka bervitamin, engga terlalu tau vitaminnya vitamin apa.. makshy buat postinganyaa :D

     
  7. Kunjungan balik...
    Mampir dulu bang ! senang bisa bersahabat dengan anggota blogger bertuah. Makasih kunjungannya...
    Saya dah follow, follow balik ya..:)

     
  8. marsudiyanto Says:
  9. Mari perbanyak mengkonsumsi sayuran & buah...
    Tapi harus diperhatikan kebersihannya karena buah & sayuran banyak terkontaminasi zat kimia

     
  10. eka Says:
  11. Iya, saya sama terkejutnya dengan Bang Atta. Terimakasih Saka, sudah membagi informasi ini :)

     
  12. Bangauputih Says:
  13. alhamdulillah, saya suka makan cabe, wortel, pisang dan pepaya......
    berarti ga kekurangan vitamin A donggg...

     
  14. whew,...
    banyak ilmu yang aku peroleh.

     
  15. Andi Says:
  16. Makasih nich info'a. Truz law bwat kesehatan mata lebih baik buah yg mana.
    .?

     
  17. mediaICHWAN Says:
  18. Penglihata saya agak terganggu,kira kira buah apa yang bisa membantu untuk memulihkan kembali penglihatan saya

     
  19. saka hero Says:
  20. halo ichwan,ada baiknya jika anda periksa langsung ke dokter mata ^-^. Untuk mendapatkan solusi yang lebih baik :)

    trimakasih

     
  21. makanan yang sehat memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama makanan yang mengandung vitamin A, akan tetapi sebenarnya makanan tersebut tidak dapat mengobati penyakit mata, mungkin lebih dianjurkan untuk pencegahan saja.

     

Poskan Komentar