Numpang Ngetrend

Teman

Tingkatkan Keamanan Warnet

Diposting oleh saka hero Rabu, 17 Maret 2010

Sudah hampir satu bulan saya tidak update blog yang sederhana ini, karena selama satu bulan ini saya berkonsentrasi pada dunia offline saya dan di dunia online dituntut untuk bisa mengelola Cpanel. Kali ini saya mau berposting dan melepaskan rasa rindu saya pada dunia blogger. Topik yang saya ambil kali ini mengenai keamanan di warnet. Tentunya tidak lepas dari profesi saya sebagai operator warnet ckckc.


Agar warnet anda tetap aman dam bersih dari tindakan yang tidak terpuji maka tidak ada salahnya kita lakukan tindakan pencegahan sebagai berikut :


1. Usahakan anda mengenal pelanggan anda, kalau terlalu banyak pelanggan dan sulit mengenalya yaa SKSD aja Sok Kenal Sok Deket. Karena dengan kita mengenal pelanggan maka pelanggan juga akan segan bertindak macam-macam di warnet, berbeda jika sikap kita acuh pada pelanggan maka pelanggan akan senantiasa sesukanya berkelakuan buruk terhadap fasilitas di warnet.

2. Selalu peduli pada fasilitas yang kita sediakan, karena dengan peduli seperti itu kita bisa mengontrol tingkah laku pelanggan terhadap fasilitas-fasilitas tambahan seperti head set atau web camp. Jika kita acuh maka ancur sudah. Bisa-bisa banyak fasilitas yang rusak dan kecolongan.. hehe.

3. Perhatikan juga barang-barang milik pelanggan, jangan sampai karena mereka ngenet di warnet kita malah kapok karena ada barang yang tertinggal tapi ketika mereka kembali barangnya sudah raib alias berpindah tangan. Barang yang sering tertinggal diantaranya adalah ; (1) flashdisk, (2) Kunci Kontak, (3) HP, (4) Dompet, (5) Buku. Cara untuk mengatasinya cuman bilang ada yang ketinggalan nggak mas / mbk ? gitu aja nggak pake modal kowk.. ckckkc.

4. Sediakan antivirus yang selalu terupdate, jangan sampai pelanggan kecewa karena kompi kita yang banyak virusnya. Untuk kasus ini saya percaya pada Smadav untuk AV lokal, dan Mcafee untuk AV internasional hehe..,

5. Gunakan deep freeze dan terapkan sistem auto restart pada semua PC agar file-file dan history pada firefox dapat dibersihkan secara otomatis. Jadi misalkan seseorang masuk akun facebook lalu lupa sign out  maka secara otomatis historinya akan terhapus saat pelanggan yang lain masuk ke akun facebook yang baru tanpa harus khawatir kecolongan pasword facebooknya. Bisa juga menggunakan Windows SteadyState sebagai pengganti deep freeze.

6. Gunakan DNS awari, 180.131.144.144 alternatif 180.131.145.145 untuk mencegah situs perjudian dan pornografi masuk ke PC kita.

7. Pasang CCTV di area parkir (Untuk warnet berskala besar 30 bilik keatas) atau sewa tukang parkir, klau ditempat saya sih belum butuh seperti itu hehe...

Sekian dulu posting kali ini seraya untuk melepas rasa rindu akan dunia blogger.







3 komentar

  1. Darin Says:
  2. Selama saya ke warnet2 di Solo ini kayanya sudah ketat. iya, sekarang banyak yg masang cctv..semoga dgn ini keamanan makin terjamin ya.

     
  3. David Says:
  4. Sing penting manfaat nggo wong okeh, oke .....

     
  5. thanks ajalah pokoknya....

     

Posting Komentar