Numpang Ngetrend

Teman

Jerman Bantu Indonesia Selamatkan Hutan Tropis

Diposkan oleh saka hero Selasa, 30 Maret 2010

Kerjasama antar negara guna memperbaiki hutan-hutan yang gundul akhir dekade ini marak terjadi. Begitu juga dengan Pemerintah RI yang mau melakukan kerjasama antar negara untuk meyelamatkan hutan tropis kita yang setiap tahunnya berkurang dan terus menimbulkan kekhawatiran akan adanya bencana akibat tidak seimbangnya ekosistem. Berikut artikel tentang kerjasama Pemerintah RI dengan Pemerintah Jerman ;

London, (Analisa)
Indonesia menyampaikan penghargaan yang tinggi atas dukungan Pemerintah Jerman terhadap upaya Pemerintah RI melakukan penyelamatan dan perlindungan hutan tropis di Sumatera.

Hal itu disampaikan Dubes RI Berlin Eddy Pratomo pada pertemuan dengan pejabat Kementerian Lingkungan Hidup, Konservasi Alam dan Pengamanan Nuklir Jerman (BMU), Bank Pembangunan Jerman KfW, dan Presiden NABU (Nature and Biodiversity Conservation Union).

Counsellor Sosbud, KBRI Berlin, Agus Priono, kepada koresponden Antara London, Minggu, mengatakan pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari peluncuran bantuan hibah Pemerintah Jerman sebesar 7,5 juta euro untuk proyek Harapan Rainforest di Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Bantuan hibah Pemerintah Jerman untuk Proyek Harapan Rainforest, merupakan bagian dari program International Climate Initiative (ICI) yang diluncurkan BMU.

Hibah disalurkan melalui Bank Pembangunan Jerman, Kfw kepada Yayasan Konservasi Ekosistem Hutan Indonesia (KEHI) sebagai implementing agency proyek Harapan Rainforest, bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan RI.

Dubes Eddy Pratomo, menekankan perlindungan dan penyelamatan hutan merupakan prioritas utama Pemerintah RI. Oleh karena itu, Indonesia menyambut gembira keterlibatan aktif berbagai pemangku kepentingan dalam melaksanakan proyek Harapan Rainforest, sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian hutan hujan tropis di Sumatera.

Sejauh ini, enam proyek kerjasama Indonesia dengan Kementerian Lingkungan Hidup Jerman di bawah kerangka International Climate Initiative berjalan dengan baik, yaitu proyek pengembangan wisata berkelanjutan berbasis keanekaragaman hayati di Pangandaran, Heart of Borneo, Desa Mandiri Energi, preparatory measures for avoided deforestation, Coral Triangle Initiative dan Carbon-Financed forest management.

Indonesia berharap proyek Harapan Rainforest dapat berjalan pula dengan sukses melalui kerjasama erat dengan Kementerian Kehutanan RI.

Sementara itu, pihak Jerman menegaskan kembali komitmen kuat Pemerintah Jerman dalam mendukung upaya penyelamatan dan perlindungan hutan hujan tropis di Sumatera.

Dikatakan, proyek Harapan Rainforest tersebut merupakan salah satu proyek terbesar yang didanai Pemerintah Jerman melalui skema ICI.

Proyek ini merupakan bukti bahwa perlindungan iklim dan keanekaragaman hayati dapat berjalan beriringan. Jerman optimistis bahwa proyek Harapan Rainforest akan membantu upaya pengurangan emisi karbon sekaligus melindungi keanekaragaman hayati.

Dijelaskan, proyek Harapan Rainforest merupakan inisiatif formal pertama NABU di Indonesia untuk pemulihan ekosistem.

Sebagai LSM pemerhati lingkungan hidup terbesar di Jerman, NABU sangat gembira dapat berpartisipasi dalam inisiatif Harapan Rainforest dan berharap proyek ini dapat menjadi model percontohan untuk negara-negara lain.

Proyek Harapan Rainforest meliputi area hutan kering dataran rendah seluas 100.000 hektare. Proyek ini merupakan joint consortium antara Burung Indonesia, Royal Society for the Protection of Bird (RSPB), dan Birdlife International, dengan didukung NABU, Kementerian Lingkungan Hidup Jerman dan Kementerian Kehutanan RI. (Ant)

Reff : http://analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=49280:jerman-bantu-ri-selamatkan-hutan-tropis-sumatera&catid=3:nasional&Itemid=128

1 Responses to Jerman Bantu Indonesia Selamatkan Hutan Tropis

  1. Achmad Allam Says:
  2. Semoga bisa menjalar ke negara-negara industri yang lain, yang sebenarnya termasuk golongan penyumbang emisi karbon terbesar di dunia.

     

Poskan Komentar