Numpang Ngetrend

Teman

Sarana elearning murah untuk SMA RSBI

Diposting oleh saka hero Minggu, 11 Desember 2011

Pentingnya sarana pembelajaran online dimasa ini sama halnya dengan jemput bola bagi siswa sekolah. Jadi tidak hanya pasif dalam menerima pelajran namun siswa dituntut untuk benar-benar aktif dalam mengejar mata pelajaran tersebut.

Beberapa portal elearning banyak bermunculan terutama pada sekolah-sekolah RSBI bersaing menunjukan kemapanan dalam menuju kancah pembelajaran maya. Banyak diantaranya menggunakan moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy.

Moodle bersifat open source gratis dan bisa dikembangkan oleh siapapun dan telah mengantongi lisensi resmi GNU. Karena sebagian besar bahkan hampir seluruh website Elearning menggunakan moodle menciptakan tampilan yang monoton, ya itu-itu saja hampir mirip semuanya karena kurangnya kreatifitas dalam mengolah theme dan sistem didalamnya. Padahalkan moodle itu open source mau dioprek seperti apapun pasti bisa.


Namun kesan berbeda ada pada Elearning SMA Selamat Kendal, yang membuktikan bahwa tidak semua pengguna moodle menampilkan ciri khasnya. Tampil dengan elegan dan unik membuat portal Elearning SMA Selamat berbeda dari portal elearning lainya.

Saya sempat bingung dimana nih cari modul-modul siswanya kok tidak mucul. Usut punya usut ternyata hanya user yang terdaftar yang bisa masuk dan mengakses modul pembelajaran. Ternyata moodle bisa juga dibuat seperti itu, kesanya jadi lebih canggih.

Penasaran kunjungi website SMA Selamat dan cari tahu siapa webmasternya. Biasanya disertakan di footer atau bagian paling bawah website ^-^.

2 komentar

  1. Penghuni 60 Says:
  2. skrg kan jamannya serba canggih sob, jd ya kita gak blh ketinggalan. BTW apa kabar nih? lama gak berkunjung...

     
  3. hmm, saya coba kunjungi elearningnya tapi memang benar kalau tidak terdaftar tidak bisa, sudah saatnya memang berbenah agar proses belajar lebih mudah tanpa ada batas lagi...

    salam
    Erianto Simalango

     

Posting Komentar