Warnet bisa multi fungsi

Warnet bisa multi fungsi

Keragaman usaha warnet seperti sekarang ini juga memunculkan keragaman dari penggunanya. Warnet multi fungsi contohnya Game Center, Cafe Internet, Rental dan internet, Warnet++, dan sebagainya. Kalau saya bekerja di warnet yang fokus pada rental dan internet. Target usernya adalah anak sekolah dan mahasiswa yang aktifitasnya mulai jam 09.00 - 23.00, jadi tidak perlu buka 24 jam.

Selain itu juga ada pendapatan tambahan berupa hasil jasa pengetikan dari pelanggan pelajar maupun yang bukan pelajar. Lalu kenapa harus multi fungsi ? jawabanya ya memanfaatkan fasilitas yang sudah ada untuk menambah penghasilan. Misalkan kalau hanya memberikan jasa internet saja kami dapat 1000 tetapi dengan adanya jasa pengetikan dan print kami bisa dapat 1500.

Selain itu adanya usaha multi fungsi dapat mengurangi kejenuhan karena bekerja. Selain itu saya juga diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan diri dengan belajar dasar pembuatan website. Sejak pertama kali mengenal internet saya lebih tertarik dengan dunia weblog dan website desain. Yang ada dibenak saya adalah bagaimana mereka bisa membuat sebuah halaman yang sedemikian rupa dan saya pikir tidak akan mampu dijangkau otak saya. Dari pelajaran itu sendiri saya sudah berhasil membangun beberapa website statis maupun dinamis. Diantara wesbite yang saya buat merupakan pesanan dari instansi, dan dan perusahaan lokal di kota Semarang.

Yang tadinya saya pikir tidak mampu untuk mengerjakanya ternyata sebagian dapat saya kerjakan. Tapi masih sempat frustasi juga kalau menghadapi scripting dan SEO. Untungnya banyak sahabat blogger yang baik hati dan siap dihujani pertanyaan. Mungkin atau tidak suatu saat saya yang menjadi mentor untuk kelas pelajaran web desain dan programing hehehe..., bolehkan saya bermimpi.

Mungkin masa depan warnet akan seperti wartel jika tidak ada kreatifitas yang dapat mendukung eksistensinya warnet itu sendiri. Mengkolaborasikan Warung Internet dengan usaha atau bisnis lainya akan sangat membantu kelangsungan hidup warnet. Kalau saya sih pengen kedepanya warnet ini jadi warnet edukasi, dimana didalamnya nanti akan ada proses belajar mengajar secara virtual. itukan juga termasuk multi fungsi hehe,,.. daripada kita buat warnet game atau warnet++.

Share this:

Disqus Comments