Belasan Ribu Ton Ikan Mati Akibat Potasium

Belasan Ribu Ton Ikan Mati Akibat Potasium

Belasan ton ikan mas dan ikan nila milik pengusaha kolam air deras di Kota Lubuklinggau dan sebagian di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra selatan, mati mendadak.

Iustrasi, sumber ; google

"Ikan budi daya itu mati diduga karena terkena racun potasium, ini terlihat sebagian mata ikan pecah. Untuk mengurangi kerguian terpaksa ikan dipanen dan dijual dengan harga murah," kata Darus (35), pemilik kolam air deras di Kelurahan Karang Ketuan, Kota Lubuklinggau, Rabu (4/8/2010).

Akibat kejadian itu harga ikan konsumsi itu mencapai Rp 15.000 / kg ke untuk ke tingkat pedagang. Menurut para pemilik kolam, kejadian ini merupakan yang kesekian kali, racun itu diduga berasal dari air irigasi yang mengairi usaha mereka yang berusumber dari bendungan Watervang Lubuklinggau dan mengalir ke desa-desa di Kecamatan Muara Beliti dan Tugumulyo, Musi Rawas.

Menurut petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Lubuklinggau Rusmiati dari data sementara yang mereka terima jumlah ikan yang mati mencapai 15 ton terdiri atas jenis ikan mas dan nila.

Ikan yang mati tersebut diperkirakan akibat racun, namun sejauh ini jenis racun masih diteliti di laboratorium. Ikan mati dengan mata pecah diduga terkena racun itu yang bisa mematikan ikan dalam jumlah banyak dalam tempo 1,5 jam.

"Kejadian seperti ini juga pernah menimpa kolam milik pengusaha di Kelurahan Eka Marga, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II pada awal Juni 2010, sehingga mengalami kerugian hampir Rp 2 miliar," katanya.

Sungguh ironis sekali apakah ada unsur kesengajaan atau sabotase ? lalu apa motif dibalik kesengajaan itu ? benar-benar terlalu
Sumber : Kompas.com

Share this:

Disqus Comments